Senin, 02 Mei 2011

Buta Warna



APAKAH BUTA WARNA ITU ?        

Buta warna dapat diartikan sebagai suatu kelainan penglihatan yang disebabkan olek ketidak mampuan sel-sel kerucut pada retina untuk menagkap suatu spectrum warna tertentu, sehingga warna objek yang terlihat bukanlah warna yang sesungguhnya.

APA PENYEBAB BUTA WARNA ?

Buta warna merupakan cacat bawaan yang diturunkan secara genetik oleh orang tua kepada anaknya. Buta warna dibawa oleh kromosom X pada perempuan, dan diturunkan  kepada anak-anaknya. Jadi apabila ada seseorang mengalami buta warna, maka mereka tidak mampu menghasilkan keseluruhan pigmen yang dibutuhkan mata agar dapat melihat dengan normal.

Penyebab buta warna adalah faktor keturunan. Lazimnya gangguan tersebut terjadi pada pada kedua mata, namun tidak memburuk seiring berjalannya usia.

           Kelainan gen terjadi pada kromosom X seseorang. Kromosom seorang wanita adalah XX. Jadi, dirinya baru bisa dipastikan merupakan penderita buta warna apabila kedua kromosomnya memiliki kelainan. Sedangkan pria kromosomnya XY, sehingga jika terjadi kelainan pada satu kromosomnya, yang ternyata adalah kromosom X, maka dirinya sudah pasti mengidap buta warna. Itulah sebabnya mengapa lebih banyak pengidap buta warna adalah pria ketimbang wanita .     

TES BUTA WARNA

Pertanyaan 1.
Berapa saja Angka-angka yang terdapat dalam kotak ini? (Sebutkan dari kiri ke kanan)


Pertanyaan 2.
Ada bangun apa saja di gambar ini ?
Pertanyaan 3.
Sebutkan bangun datar apa saja yang terdapat di gambar ini ?

Jawaban Pertanyaan 1 : 16, 57, 6, 29, 42, 7, 10, 2, 5.
Jawaban Pertanyaan 2 : Ada bangun
 Lingkaran dan  Kotak.
Jawaban Pertanyaan 3 : Lingkaran, Bintang dan Kotak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar