Senin, 07 Maret 2011

Misteri Amber Room



Dari semua harta karun dunia yang hilang, Amber room adalah salah satu yang paling terkenal. Sebuah ruangan yang dibangun benar-benar berlapiskan dari emas kuning dan daun emas, sangat cantik yang sudah lama dikenal sebagai Keajaiban kedelapan Dunia.


Amber Room dibangun atas keinginan Raja Friedrich I dari Prussia memiliki ruangan yang spektakuler. Proyek tersebut ditangani oleh pemahat asal Jerman bernama Andreas Schulter dan dibantu oleh pengerajin amber  asal Denmark, Gottfried Wolfram. Proyek tersebut mulai dibuat pada tahun 1701. Seluruh panel di ruangan itu terbuat dari 6 ton pahatan amber dan emas.

Bangunan tersebut selesai di bangun pada tahun 1709, dan menjadi tempat Raja Prusia.Ketika Raja Friedrich I meninggal, penerusnya Raja Friedrich Wilhelm I tidak tertarik pada seni, maka ia menghadiahkan Ruangan Amber kepada Tsar Rusia Peter the Great pada 1716.Ruangan itu dipasang di Iatana Musim Dingin di St. Petersburg. Kemudian oleh Chatrine the Great, Amber room dipindahkan ke istananya di Tsarskoye Selo atau pedesaan raja-raja.

Ketika Nazi menyerbu Leningrad (St Petersburg) pada tahun 1941, Soviet berusaha menyembunyikan harta karun terkenal mereka. Tapi bagaimanapun, NAZI tidak mudah tertipu. Tentara NAZI hanya membutuhkan waktu sekitar 36 jam untuk mengambil isi Amber Room ke dalam peti, dan dengan kereta dibawa menuju ke Kastil Konigsberg di Jerman.

Pada tahun 1945, Kastil Koenigsberg hancur karena serangan udara. Ruangan Amber pun menghilang dan menjadi misteri.

Akibat peristiwa tersebut berbagai teori pun bermunculan. Ada yang mengatakan kalau kapal yang mengangkut panel-panel amber itu tenggelam di Laut Baltik. Ada pula yang mengatakan panel-panel amber tersebut dipotong-potong oleh Tentara Merah Rusia.

            Akhirnya, kemegahan Ruangan Amber dibangun kembali di Istana Catherine di Saint Petersburg, Rusia. Kemudian diresmikan pada tahun 2003. Namun, misteri ruangan yang asli telah mendorong banyak orang untuk memburunya. Salah satunya adalah pemburu harta karun asal Rusia bernama Sergei Trifonov. Menurutnya, ia telah menemukan  sebuah bungker di peninggalan Perang Dunia II di Koeningsberg (sekarang Kaliningrad) di Jerman. Diduga bungker itulah tempat menyimpan harta karun Amber Room yang hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar