Rabu, 01 Desember 2010

Asal-usul sabun mandi


Sejak Empat ribu tahun yang lalu orang-orang Hittie yang tinggal di Turki sudah mengenal cara membersihkan badan, yaitu dengan mempergunakan abu tanaman. Di belahan bumi yang lain, bangsa Galia membuat benda untuk membersihkan badan yang terbuat dari rebusan lemak kambing dengan air dan abu hingga kental. Awalnya cairan tersebut hanya untuk membuat gel untuk rambut, tetapi ketika terkena air hujan cairan tersebut meleleh. Lelehan tersebut lalu sekaligus untuk membersihkan badan.

Usaha pembuatan sabun terus berkembang. Yang tadinya dibuat dalam skala industri rumah tangga, akhirnya mulai dibuat jadi produk masal. Hal itu bisa terjadi karena tahun 1791, Nicholas Leblanc menemukan suatu alkali yang bisa membentuk sabun waktu dicampur dengan lemak. Bahan pembentuk sabun yang tadinya langka, jadi mudah didapat.
           
            Dengan penemuan bahan kimia berikutnya, ditambah operasi pabrik yang makin canggih, makan industri sabun jadi sangat berkembang tahun 1850-an. Seiring dengan perkembangan, sabun mulai dibedakan fungsinya. Yang campurannya lebih lembut dipakai untuk mandi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar